Tips Merawat Komputer

Kali ini, kami akan berbagi beberapa tips untuk merawat komputer, Banyak orang yang tidak memperdulikan keadaan komputer, sering orang berfikir "asalkan komputernya dapat dijalankan pada saat dibutuhkan, maka tidak ada masalah", padahal hal tersebut adalah pemikiran yang salah, Walaupun komputer adalah benda mati (tak bernyawa), tapi kita selaku penggunanya harus tetap merawatnya.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan jika komputer kita terawat dengan baik, diantaranya :
  • Kinerja Komputer akan terasa lebih maksimal
  • Indah dipandang
  • Nyaman untuk dipakai
  • dll
Tanpa basa basi lagi, berikut beberapa tips dari kami unuk merawat komputer:
  1. Bersihkan setiap bagian komputer secara berkala
    Bersihkan setiap bagian komputer seperti, motherboard, RAM, VideoCard, SoundCard, CD/DVD dll. secara berkala setidaknya 6 bulan sekali, hal ini memang terasa paling malas untuk dikerjakan, padahal membersihkan komputer adalah salah satu hal yang sangat penting, karena jika tidak dibersihkan, semmakin lama debu yang menempel pada komputer akan semakin banyak. Hal itu dapat membuat kinerja komputer kurang maksimal, debu juga dapat merusak komponen komponen elektronika.
    Untuk membersihkannya pakai alat sederhana seperti sikat dengan bulu yang halus, gosok dengan hati hati setiap bagian komputer yang terlihat kotor. Lakukan ditempat terbuka, agar debu tidak mengendap didalam ruangan.
  2. Taruh pada pada tempat yang benarLetakan komputer pada tempat yang kering, Jangan letakan komputer pada lantai untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti tertabrak / arus listrik bocor sehingga merambat kelantai. Pakaikan alas pada CPU, Monitor dsb untuk mencegah hal tersebut terjadi.
    Letakan pada rungan berventilasi / sedikit terbuka agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan lancar tanpa hambatan, Sirkulasi udara yang kurang baik dapat menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen elektronika juga ikut cepat panas yang dapat memperpendek umur komponen elektronika tersebut.
    Jangan meletakan speaker terlalu dekat dengan komputer, karena medan magnet yang berada pada speaker dapat menyebabkan warna monitor menjadi tidak rata.
  3. Lakukan Defrag dan DiskClean Up Secara berkalaDefragmenr berfungsi untuk untuk menata semua berkas yang berada pada hardisk sesuai jenis berkas (file type) tersebut, hal tersebut dapat mempercepat kinerja komputer, Langkah langkahnya : Klik Start > Program > Accesories > System tool > Disk Defragmenter. Sediakan ruang harddisk yang cukup saat men-defrag.
    DiskClean Up berfungsi untuk membersihkan sampah sampah atau file yang tidak berguna pada HardDisk, hal tersebut dapat menambah ruang harddisk yang kosong.
  4. Gunakan aplikasi seperlunya
    Tutuplah aplikasi yang tidak sedang digunakan, setiap program yang dieksekusi membutuhkan memory (RAM), sehingga semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka semakin banyak memory yang dibutuhkan, hal itu membuat komputer akan terasa lambat.
    Instal aplikasi yang dibutuhkan dan uninstal yang tidak digunakan, hal ini untuk memperbanyak ruang harddisk sehingga dapat mempercepat proses read/write. 
  5. Instal SecuritySystem
    Pasanglah Security System seperti AntiVirus, AntiMalware dll, gunanya untuk mencegah komputer terjangkit atau terserang virus berbahaya yang dapat merusak berkas / bahkan hardware. 
  6. Power Management
    Gunakan komputer seperlunya, jangan mendiamkan komputer dalam keadaan hidup terlalu lama, jika akan bepergian lama atau melakukan aktifitas lain, sebaiknya matikan komputer, gunanya untuk merefresh komputer agar terasa lebih cepat pada saat read/write, selain itu juga dapat menghemat biaya listrik
    Aktifkan ScreenSaver, banyak orang tidak tau kegunaan dari screensaver, pada saat monitor menampilkan gambar yang sama, maka fosfor yang ada pada monitor tersebut akan terus menyala, yang kemudian akan membuat monitor menjadi redup. 
  7. Pakailah Stabilizer
    - Gunakan Stavolt untuk menstabilkan arus listrik yang tidak beraturan (naik turun), jika dibiarkan listrik tidak beraturan, maka akan memperpendek umur komponen elektronika
    - Gunakan UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara mendadak / arus pendek yang dapat mengakibatkan kerusakan pada Harddisk dan komponen lainnya.
    - Pasang Kabel Ground, berguna untuk menetralisir arus listrik yang bocor, langkahnya, ambil kabel dengan panjang secukupnya, kemudian hubungkan ujung yang satu dengan badan CPU, dan ujung yang lainnya ke tanah.
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Tips Merawat Komputer"

Back To Top