Membuat CCTV Murah dengan WebCam


Banyak orang yang menginginkan sistem keamanan yang sangat canggih terpasang di rumahnya, tentu saja tujuannya supaya rumahnya terjaga dari sesuatu yang tidak di harapkan. Biasanya sistem keamanan standard yang di pasang berupa kamera pengintai atau CCTV dan alarm peringatan. Tetapi kebanyakan orang pasti memiliki kendala mengenai harga kamera CCTV yang masih tergolong sangat mahal kalau hanya untuk di pasang di rumah.

Saya punya alternatif untuk sobat yang ingin memasang sistem keamanan dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan membeli kamera CCTV. Alternatifnya yaitu dengan menggunakan WebCam, WebCam yang fungsi utamanya untuk melakukkan video chatting ini dapat di ubah fungsikan menjadi CCTV. Walaupun kemampuannya tidak sehandal CCTV, tetapi WebCam ini dapat di andalkan untuk menjaga rumah sobat.

Kini harga WebCam sudah sangat murah, beberapa minggu yang lalu saya membeli WebCam 10 megapixel hanya 80rb. Sedangkan WebCam yang 3-5 megapixel dapat dibeli dengan harga 30rb saja, bandingkan dengan harga kamera CCTV yang harganya masih jutaan bahkan puluhan juta.
Untuk memulai instalasi sistem keamanan, peralatan yang diperlukan :
  1. Komputer
    Untuk memantau kamera WebCam. Pakai komputer Pentium 3 aja bisa jalan. Tapi kalau untuk memantau dengan banyak camera webcam, sebaiknya menggunakan pentium dengan speed prosessor yang lebih.
  2. Kamera WebCam
    Semua jenis camera webcam bisa digunakan. Sebaiknya sobat memilih jenis kamera WebCam yang tahan On 24 jam terus menerus dan sanggup merekap saat malam hari.
  3. Khusus untuk penempatan webcam jarak jauh diperlukan kabel USB Extended
  4. Software WebcamXP atau Webcam7
    Sebenernya ada beberapa software lain selain WebcamXP dan Webcam7, hanya menurut saya saat ini software yang paling lengkap fiturnya WebcamXP dan Webcam7. Jika sobat menggunakan Windows XP lebih baik menginstall software WebcamXP dan sebaliknya (sesuaikan dengan OS yang di gunakan untuk performa yang maksimal).
Langkah langkah instalasi
  • Hubungkan camera webcam ke USB komputer
  • Instal driver webcam, pastikan camera webcam sudah bekerja.
  • Instal software WebcamXP atau Webcam7 sampai selesai. Jalankan webcam7, untuk sementara pilih
    mode free. 
Memunculkan kamera WebCam di webcamXP
  • Klik kanan pada area pemantauan webcam
  • PCI / USB (WDM Driver)
  • USB Video Device (tergantung kamera yang terinstal) 
Untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah



Menggunakan banyak kamera webcam
Software webcamXP dan webcam7 dapat digunakan free jika hanya menggunakan 1 camera webcam, untuk menggunakan lebih dari 1 kamera harus berbayar, tapi gak usah khawatir di sini sobat bisa download aplikasinya secara full version.

Mengaktifkan Sistem Keamanan
  • Masuk ke menu Security (lihat gambar)
  • Klik Activate (lihat gambar)

Untuk menyesuaikan sistem keamanan seperti sensitif kamera terhadap gerakan, alarm dan lain sebagainya dapat di setting pada pengaturan yang terdapat di bagian bawah layar pantau.

Sekian dulu penjelasan mengenai "Membuat CCTV Murah dengan WebCam", kalau ada yang di tanyakan jangan segan - segan untuk memberikan komentar pada kotak komentar yang sudah tersedia dibawah ini.

NB: Cara setting webcamXP dan webcam7 sama saja, jadi kalau sobat menggunakan webcam7 dapat mengikuti langkah - langkah seperti webcamXP.
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Membuat CCTV Murah dengan WebCam"

Back To Top