Buku Android App Inventor : Membuat Aplikasi Android tanpa Kode Program


Untuk mempelajari atau sekedar ingin membuat Aplikasi Android, App Inventor merupakan tool yang sangat mudah dipelajari dan digunakan. Ini tidak lain karena dengan App Inventor siapapun tidak perlu punya latar belakang programmer atau IT. Tidak ada kode-kode progam yang sulit dipahami oleh orang awam di App Inventor, semua sudah dibungkus menjadi objek-objek visual seperti Puzzle.

Kita tinggal memasukkan komponen-komponen yang sudah tersedia kemudian menggabungkan, memasukkan, atau mengkonfigurasi potongan-potongan "Puzzle" tersebut dan viola akan jadi sebuah aplikasi Android yang sama fungsinya dengan yang dibuat dengan programming rumit.

Untuk yang sedang atau baru masuk ke Fakultas Matematika, Komputer, Informatika dll, App Inventor juga akan menjadi panduan yang luarbiasa untuk mengasah logika. Dan bagi yang masuk ke jurusan Informatika, App Inventor akan membuat anda lebih memahami bagaimana OOP atau Object Oriented Programming, karena  "Puzzle" itu bisa dilihat sebagai sebuah objek yang pada kebanyakan bahasa pemrograman dibangun dari kode-kode baris demi baris, dan pada App Inventor kita tinggal menggunakannya atau merangkainya dengan objek lain.

Apalagi yang ingin mempelajari bagaimana mobile developing, apabila kita telah terbiasa membuat aplikasi desktop atau web, ada beberapa yang berbeda yang akan kita temukan pada mobile developing. Karena disini kita akan menemukan bagaimana menghandle touch screen, koneksi data, akses kamera,  juga berbagai sensor misal GPS, Accelerometer dll, dan ini tidak ditemukan pada Desktop dan Webbased Programming.

Bagi pendidik App Inventor juga bisa digunakan untuk mengasah logika matematika, kreatifitas dan juga seni. Ini sudah dibuktikan di US, beberapa sekolah sudah menggunakan App Inventor dalam mengasah kreatifitas siswa. Dan sekarang setelah oleh Google di jadikan Open Source, App Inventor akan semakin dikembangkan lebih jauh, dan bertambah keren karena sepertinya akan dikawal oleh MIT University dan komunitas Open Source dunia. 

Dan selain itu semua, apabila anda ingin bermain-main dengan handset Android anda, sekedar membuat aplikasi lucu-lucuan, misal ucapan selamat untuk pacar anda, teman-teman anda, ... merekam suara anda, memaket foto-foto anda dan kemudian membaginya, anda akan benar-benar jatuh cinta pada App Inventor ini, ...Well ..... lets dive into creativity & innovation world ...




isi dari buku antara lain :

Bagian I Projek Latihan
# Berkenalan dengan App Inventor 
# Memulai App Inventor 
# Hello World 
# PaintPot 
# Paintpot dengan Kamera 
# Whac Kecoa 
# Super SMS 
# Jogja Map Tour 
# Android Parkir 
# Remote Control Robot Lego NXT 
# Quiz Kita 
# Take Quiz 

Bagian II Konsep Dasar
# Memahami Arsitektur 
# Rekayasa dan Debugging Aplikasi 
# Properti dan Variabel 
# Blok Kondisi Bersyarat 
# List Data 
# Blok Pengulangan 
# Database 
# Sensor


Update 10 Oct 2011 : 
# Buku sebagian sudah dicetak, bbrp pre-order sudah dikirim, semoga bermanfaat
# Halaman Block Lengkap berwarna, sehingga akan memudahkan dalam memahami dan mempelajari

Update November 2011 : 
# Buku sudah tersedia di toko-buku Togamas, Gramedia
# Apabila habis atau anda tidak menemukan di toko buku, silahkan order online (Akan kami kirim apabila masih tersedia)









Tag : Android
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Buku Android App Inventor : Membuat Aplikasi Android tanpa Kode Program"

Back To Top