Akhirnya Blog Raytkj Mendapatkan Sitelink Google

Iseng-iseng mengecek nama blog ini di google tanggal 31 juli 2011 jam 7:28. hasilnya sangat mengejutkan ada beberapa link di bawah deskripsi blog saya. Menurut keterangan dari beberapa tulisan yang saya baca, bagian yang ditandai dengan kotak berwarna biru pada ‘screenshot’ dibawah ini  disebut sebagai ‘sitelinks’.



Blog ini dibuat pada tanggal 29 september 2010 dan baru mendapatkan sitelink pada tanggal 30 juli 2011.  jadi kira-kira butuh waktu 10 bulan utuk mendapatkan sitelink. wuiih...lama kali memang benar sih menurut kabar yang beredar mendapatkan sitelink butuh waktu paling tidak 1 tahun tapi ada juga yang hanya mendapatkan sitelink dalam 1 bulan.

Idealnya sih, keterangan pada ‘sitelinks’ sebaiknya mereferensikan navigasi berupa kategori-kategori yang ada pada sebuah situs atau blog. Namun berhubung blog saya ini sengaja tidak saya pasang navigasi kategori, jadinya yang direferensikan pada keterangan ‘sitelinks’ berupa link arsip dan link beberapa halaman posting.

Saya juga kurang tahu persis mengapa yang muncul pada keterangan ‘sitelinks’ di atas berupa postingan-postingan tersebut. Ada yang tahu penyebabnya? ;)

Apa itu sitelinks?

Menurut keterangan dari google webmaster tools, berikut ini definisi dan sekilas penjelasan mengenai ‘sitelinks’.

    The links shown below some sites in our search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they’re looking for.

    We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user. If the structure of your site doesn’t allow our algorithms to find good sitelinks, or we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them.

    Sumber → Sitelinks.

Jadi, keberadaan ‘sitelinks’ diperuntukkan bagi kemudahan user dalam menelusuri navigasi sebuah situs (jika terindeks dengan kata kunci tertentu pada SERP google). Jika ditinjau dari sisi lainnnya, ‘sitelinks’ yang diberikan oleh google bisa diartikan bahwa google menilai struktur website/situs tersebut cukup baik dan bisa memenuhi algoritma yang mereka ciptakan.

Artinya, struktur theme yang digunakan juga ikut mempengaruhi sitelinks.

Bagi saya sendiri, ‘sitelinks’ dari google juga bisa menambah prestise sebuah situs/blog, walaupun hal ini masih bersifat subyektif. Namun jika dikaitkan dengan pengaruhnya terhadap trafik, menurut saya belum tentu akan berkorelasi positif. Artinya, situs/blog yang memperoleh ‘sitelinks’ dari google belum tentu akan lebih tinggi trafiknya daripada situs/blog yang tidak memperoleh.

Tips dari saya untuk mendapatkan sitelink dari google :
1. Submit blog ke Google. Google webmaster maupun Google analytic
2. Buat postingan yang Berkualitas.
3. Pasang navigasi breadcrumbs di blog anda.
4. Blogwalking setiap hari.
5. Membalas komentar dari pengunjung.

kalau ada tips lain bisa di share disini...tks semuanya ..tks Google

Tolong di cek ya :
Cek Raytkj Dapat Sitelink Google.
Tag : Serba-serbi
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Akhirnya Blog Raytkj Mendapatkan Sitelink Google"

Back To Top